Outbound Lansia

Dengan tema aktivitas “Ayo Mewujudkan Lanjut Usia Sehat, Mandiri dan Agamis” aktivitas outbound lanjut usia se – kota Yogyakarta pada tanggal 29 juli 2009  pukul 08 : 30 WIB. Yang diikuti 108. Dimeriahkan oleh 180 lanjut usia dari 14 kecamatan, kegiataan ini dengan pembukaan yang begitu meriah. Setelah acara sah telah dibuka oleh wakil TP PKK Kota Yogyakarta yaitu, Ibu Hj Tri Kirana Muslidatun, menyanyikan lagu mars lanjut usia dengan bersama-sama.

Aktivitas outbound ini kader lanjut usia dibentuk menjadi beberapa group, setiap grup harus menunjuk salah satu lanjut usia jadi ketua pada group itu, agar mempin pada permainan pada outbound . setiap group diharuskan membuat yel – yel yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan semangat serta menambah keceriaan bagi kader lanjut usia. untuk lokasi outbound ini juga bermacam seperti outbound di coban talun malang.

Setelah itu beberapa peserta outbound itu diperintah untuk berbaris yang rapi untuk berjalan menuju lapangan di muka komplek balaikota. Maksud dari session kesempatan ini yakni melatih kekompakan buat kader lansia  usia guna membuat perlindungan balon yang yang diapit itu tidak jatuh atau meletus.

Permainan selanjutnya adalah mempunyai tujuan tujuan melatih interaksi antar kader kader lanjut usia yang lain dengan menggunakan hulahoop yang perlu dilalui peserta lansia dengan tempat yang sama serta saling bergandeng tangan tanpa boleh lepas. Akan tetapi beberapa kader lansia ada yang terlihat kesulitan memasukkan hulahoopnya ke badannya karena factor umur mungkin dahulu tubuh mereka masih cekatan serta elastis beda dong dengan saat ini.

Pekerjaan setelah itu yakni mereka diperintah untuk duduk membuat lingkaran, mereka dikasih selembar kertas serta dikasih spidol lantas mereka dikasih intruksi  untuk menulis apakah kemauan mereka. Setelah itu kertas itu mereka lipat serta mereka mulai bernyanyi bersama-sama dan menukarkjan kertas-kertas untuk dibacakan.

Doa yang ditulis dikertas itu sejumlah besar dalamnya sama yakni supaya dikasih kesehatan diberi usia yang panjang serta dikasih keselamatan dunia serta akhirat

Pekerjaan outbound lansia itu bukan sekedar itu – itu sajua akan tetapi mereka juga melakukansenam otak yang di pimpin langsung oleh Ibu Wawiek, acara outbound itu berjalan dengan begitu meriah serta sengit.

Faedah pada senam otak ini tidak cuma untuk melaih daya ingat akan tetapi juga aktifkan saraf – saraf otak supaya masih normal.Kepikunan dapat dijauhi dengan biasanya mereka lakukan senam otak. Kepikunan berlangsung karena fungsi otak yang sudah mulai alami penurunan karena makin kecilnyvolume otak. karna peranan otak telah mulai alami Kepikunan juga berlangsung dengan dengan mengeriputnya kulit pada badan mereka.

Sesudah mereka tuntas beristirahat makan siang siang mereka beraktivitas outbound dengan permainan – permaian. Walau cuaca panas serta membuat gerah namun mereka masih semangat ikuti outbound sampai tuntas. Pekerjaan ini selesai pada jam 13 : 30 WIB. Tampak begitu capek serta lelah yang tampak pada raut muka kader – kader lansia yang berpeluang ikuti outbound ini.

Terlihat sangat capek pada raut wajah kader-kader lanjut usia yang mengikuti outbond di kesempatan. Meskipin demikian mereka juga masih semangat serta tampak begitu suka karena dapat memperoleh peluang – peluang semacam ini pada usia – usia mereka yang telah termasuk tidak muda lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *